Friday, September 18, 2009

Awal yang Menegangkan, Akhir yang Membahagiakan (Sebuah dokumentasi acara perdana Sie TIK)

Hari ini adalah Hari Kamis. Hari ini dilaksanakan acara yang merupakan puncak kegiatan ramadhan di SMA Al Hikmah : Festival Anakl Yatim Piatu dan Dhuafa. Seluruh panitia festival sudah mempersiapkan persiapannya sudah sejak jauh-jauh hari (apalagi SKI..) Sie TIK disini juga menyelenggarakan acara 'Edukasi Teknologi kepada Yatim Piatu dan Dhuafa' sebagai bentuk kasih sayang terhadap sesama. Acara ini juga merupakan acara perdana sie TIK, lho! Jadi segala persiapannya harus dimatangkan agar akhirnya tidak mengecewakan..


Acara ini membutuhkan perjuangan yang besar juga. Setelah direvisi sebanyak 3 - 4 kali, akhirnya proposal kegiatannya disetujui oleh pihak sekolah. Huff.. Leganya! tapi perjuangan tidak hanya sampai disini lho, kawan - kawan.. Panitia inti acara TIK juga mengusahakan pergi kesana-kemari agar menemukan percetakan yang tepat untuk mencetak notesnya..Belum juga beli hadiah buat juara 1, 2, 3 dan juara harapannya. Benar-benar capek deh.. Tapi capeknya keburu ilang, kan hitung-hitung beramal, hehe..


Acara berlangsung pukul 13.00 (kalau dihitung dengan molor nya, kira-kita pukul 13.15, lah..). Pada saat acara dimulai, masih ada 2 panti asuhan yang belum datang, yaitu Darul Musthofa dan Mizan.. Beberapa panitia membuka acaranya, sedangkan beberapa diantaranya menunggu kedatangan panti asuhan yang terlambat datang di Lobby..


Di dalam labkom, panitia membuka acaranya dan memberi pengenalan letak software paint dan cara penggunaannya.


"Baik, adik-adik.. Sekarang kita klik Start, all programs, accesories, lalu paint," kata Radit, salah satu panitia inti acara TIK.


Setelah diberi instruksi, meliputi cara penggunaan, dsb. tiba-tiba... PTTTT!!! Lampunya mati! Mendadak semuanya kaget dan bingung, terlebih panitianya.. Sempat terlintas di pikiran, "Mau diterusin apa nggak, nih?". Ada yang bergumam, "Lah, gimana caranya lomba menggambar dengan paint kalau komputernya aja mati!!". Waduh, para panitia sempat speechless dan nggak ngerti harus gimana. Semuanya shocked. Akhirnya tercetus ide, yang mengatakan : "Gimana kalau sekarang bikin sketsa aja, pake alat tulis seadanya, trus ntar kalo lampunya udah nyala, baru direalisasikan di Paint??" IDE BAGUS!


Akhirnya setelah ide itu disosialisasikan, banyak yang berkata, "Heaa~" ada juga yang ketawa.. Tapi ya mau gimana lagi.. Tiba tiba ada yang nyeletuk, "Eh, lampunya nyala, tuh!". Setelah dicek, ternyata lampunya beneran nyala! Alhamdulillah.. Nggak jadi deh, yang namanya nggambar dulu di kertas yang notabene membuang-buang waktu saja. Nah, saat itu juga lomba segera dimulai.. Masing-masing aparat berada tak jauh dari anak-anak yatim dan dhuafa, siapa tahu ada yang butuh bantuan. Lomba berlangsung sekitan 1.30 jam-an.. Setelah selesai, semuanya dikumpulkan dalam satu flashdisk, dan akan di print oleh Radit. Ada dua anak yang file-nya hilang, mungkin nggak ke-save atau ke-restart sendiri.. Ada yang mau ngulang lagi, ada yang terlanjur bete karena file-nya hilang.. Acara pembagian hadiah juara 1, 2, 3 serta 10 besarnya ditangguhkan sampai ba'da Maghrib, arena hadiah diserahkan beserta karyanya, yang saat itu masih di-print.. Ya sudah.. Akhirnya acara perdana TIK ini dapat berakhir dengan sukses! Alhamdulillah.. Semoga acara TIK on the go dapat berlangsung dan berakhir dengan sukses pula, amiiin~

Beberapa dokumentasi yang berhasil didapat dalam acara Sie TIK :


Written by : Sie TIK

Posted by : Sie TIK

No comments:

Post a Comment