Friday, September 18, 2009

UPACARA 17 AGUSTUS : Awal Manis OSIS SMA Al-Hikmah 09-10

Latihan, latihan, dan latihan! Itu jadi menu wajib tim LD SMA Al-Hikmah sama petugas upacara HUT RI lainnya selama 2 minggu penuh menjelang tanggal 17. Tiap sore jam setengah 5 sampe maghrib, semuanya dilatih sampe betul-betul menunjukkan kemajuan berarti. Kita semua dilatih kakak kelas XII yang pernah jadi petugas upacara (Mas Radit, Mas Nabil, Mas Adnan, Mas Abram) dan Alumni SMA Al-Hikmah, Mas Agris, yang merupakan mantan ketua LG angkatan II.

Mereka semua udah profesional, pakar upacara dan tau seluk beluk upacara bendera 17 Agustus. Dan mayoritas pelatihnya jebolan tim LD lho! Pelatihannya keras dan intens. Salah, ulang! Kurang dikit, balik lagi! Semua itu demi kesempurnaan upacara. Mending salah waktu latihan daripada pas show time, iya to? Yang latihannya butuh konsentrasi tinggi dan porsi lebih intens itu Paskib sama pemimpin upacara. Soalnya dua posisi ini paling krusial. Andai salah satu salah (Alhamdulillah nggak sampe terjadi, hwehehe), buyarlah jerih payah selama 2 minggu.

Finally, hari penentuan itu tiba.. Semua petugas kumpul di kelas XI IPS putri yang dijadiin home base. Paskib, pembaca UUD, Pancasila, Proklamasi, doa dan pemimpin upacara opake seragam putih-putih lengkap. Tim padus (cewek semua), pemimpin barisan, dan pembawa acara cukup kae selempang merah putih. Inspektur upacaranya adalah Ustd. Edy Kuntjoro, kepala sekolah SMA Al-Hikmah. Istimewa! Doa bersama dipanjatkan sebelum menuju ke lapangan, biar sukses dan berkah doooong... Terus, semua petugas langsung menuju lapangan rumput SMA Al-Hikmah.

Jam 7 lebih 5 menit, upacara dimulai. Semua peserta udah ngumpul di lapangan dengan rapi. Pagi itu matahari masih belum terlalu panas. Angin sejuk juga sering berhembus. Suasananya tuenang lagi. Pembawa acara, Fawwaz Lu'ay ato Pupit, membacakan susunan acara upacara 17 Agustus. Pertama, masing-masing pemimpin barisan menyiapkan barisannya yang terdiri dari kelas X, XI, XII, dan ustadz ustadzah. So far so good.. No mistake..

Lanjuut. Pemimpin upacara, yaitu Fikri Disyacitta (ketua LD), masuk lapangan upacara. Kiri, kanan, kiri, kanan, serong kiri, langkah tegap! Kiri, kanan. Yak, alhamdulillah, belum ada kesalahanTerus pemimpin barisan paling kanan ngomando untuk kasih hormat ke pemimpin upacara. Habis gitu para pemimpin barisan ngelaporin ke pemimpink kalo barisannya siap. "Seluruhnya, istirahat di TEMPAAAAT!!!! Grak!", perintah pemimpin upacara dengan lantang. Selesai ngasih laporan kalo upacara siap, tibalah show on force dan inti dari Upacara 17 Agustus. Apalagi kalau bukan prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih!

Dengan langkah mantap, gagah, meyakinkan, Paskibra masuk ke lapangan. "Drap! Drap! Drap!" giotu bunyi sepatunya, persis kayak bapak-bapak tentara beris. Wuih.. nggak sia-sia mereka latihan 2 minggu penuh tiap pulang sekolah. Hasilnya bener-bener excellent!

Paskibra dikomandan Azhar al Ayyubi (ketua tim Krea OSIS), mulai bikin formasi pengibaran. Subhanallah, keren. Gerakannya sempurna, ritme hentakan kakinya oke punya.

Sekarang tibalah waktu paling mendebarkan. Pengerekan bendera merah putih . Semua hadirin, terutama kakak-kakak pelatih, tim LD selaku penanggung jawab Paskib sendiri, harap-harap cemas.

Apa benderanya bakalan terbalik atau njelimet? Selama ini belum pernah ada kejadian model begitu dalam sejarah Upacara 17an SMA Al-Hikmah...

"SREEET...!","Bendera siap!," kata Fairus, salah satu Paskib. Allahu Akbar!! Bernderanya bisa terbuka sempurna, nggak kebalik, nggak njelimet! Siip dah pokoknya! Diiringi lagu "Indonesia Raya" oleh Padus putri, pengibaran berlangsung khidmat.

Di upacara itu Ustadz Edy menyampaikan kalo pemuda-pemuda harus membangun bangsa dengan sains, pengetahuan yang dipadu dengan semangat cinta tanah air dan Islam.

Upacara selesai seluruh petugas kembali ke home base buat sitirahat.. eh, istirahat. Di tengah-tengah jalan ke home base ustadz dan ustadzah ngasih ucapan selamat, pujian sama kekaguman pada semua petugas upacara atas kelancaran upacaranya.

Begitu masuk home base, sudah ada Ustadz Edy dan Ustadz Riszal (guru olahraga). Ustadz Edy luar biasa bangga dengan semua petugas upacara. Kakak-kakak kelasi yang membina para petugas dengan sabar , teliti, serta tak kenal lelah ikutan salut dan gembira karena kesuksesan upacara 17an tadi. Tim LD dan OSIS SMA Al-Hikmah bener-bener bahagia saat itu.

Wah, wah... ternyata jamuan enak-enak udah disediain khusus buat petugas-petugas, lo. Ada kroket, roti, aqua gelas, buah, sama puding.

Selesai "menjamah" aneka ria jajanan, semua petugas foto-foto bareng dengan Ustadz Riszal, Ust. Edy, Ust. Qhodri (Guru sejarah, pembina OSIS) dan Usth. Hayat (waka kesiswaan, pembina LD) di depan Lobby.

Upacara 17an 2009 jadi awal langkah manis OSIS '09-10. Semoga sukses acara ini jadi beginning of victory buat OSIS dan tim LD tahun ini.. Allahu Akbar! Viva OSIS SMA Al-Hikmah!


Written by : Sie LD
Posted by : Sie TIK

3 comments:

  1. ane terharu juga tersinggung hahahaha.....
    but nice post kk hahahaha.....

    ReplyDelete
  2. kita nunggu post nya ski moga moga lancar gak nyandet. . . ..

    ReplyDelete
  3. waduh maaf klo di sini tertulis mayoritas dari LD, mungkin iya kasihannya Nabil dan Adnan

    ReplyDelete