Monday, November 15, 2010

Datang lah, penyembelihan Idhul kurban

PELAKSANAAN

Tempat : Lapangan rumput SMA Al Hikmah

Hari/tanggal : Rabu,17 november 2010

Waktu : 08.00 - selesai WIB

Ada secuplik kisah dari sahabat sahabat Rosul:

Dari Anas, berkata “ketika Rasulullah mendatangi Madinah, saat itu kaum jahiliyah Madinah memiliki dua hari raya.” Lalu Rasulullah bersabda,”sesungguhnya Allah swt menggantikan dengan dua hari raya yang lebih baik yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.

Dari hadits Anas tersebut kita dapat mengetahui bahwa hari raya kita Idul Adha ini adalah hari raya yang lebih baik dari Allah untuk kita. Jadi betapa baiknya hari raya ini bagi kita sebagai muslim. Bahkan ada sebuh hadits yang menyebutkan bahwa setiap bulu dari hewan yang kita kurbankan dapat menghapus setiap dosa yang kita miliki. Walau hadits tersebut dhaif tetapi dari hadits tersebut kita tahu betapaluarbiasanya hari raya kita tersebut.

Lebih lagi hari raya ini diawali dari zaman sebelum Rasulullah ada,yaitu pada zaman Nabi Ibrahim. Beliau diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Dimana saat mendapatkan anaknya ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Danakhirnya diperintahkan untuk menyembelihnya. Walupun rasa sayang Nabi Ibrahim kepada Nabi Ismail sangat besar,tetapi tidak lebih besar dari rasa sayang Nabi Ibrahim kepada Allah. Dan saat penyembelihanya ternyata yang disembelih adalah kambing bukan si Ismail kecil.

Melaksanakan sunnah nabi untuk menyembelih hewan kurban.Perwujudan rasa syukur atas rizki yang diberikan Allah.Berbagi kebahagiaan bersama fakir miskin dalam nuansa memperingati Idul Adha.Memberikan pendidikan dan pelatihan penyelenggaraan kurban pada diri siswa.Mengambil hikmah dari peristiwa nabi Ibrahim dan nabi Ismail.

No comments:

Post a Comment